TUGAS POKOK DAN FUNGSI

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

 

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  dibentuk berdasarkan  Peraturan  Daerah No. 8 Tahun 2016, ditetapkan pada tanggal 21  November 2016 yang sebelumnya bernama Dinas pariwisata dan kebudayaan.  Dinas  Pariwisata  dan  Kebudayaan  Kabupaten  Solok  mempunyai  tugas  "Membantu Bupati  dalam  melaksanakan  urusan  pemerintahan  dan tugas  pembantuan  bidang  pariwisata  dan bidang kebudayaan".

 

Untuk   terselenggaranya    tugas   pokok   di   atas,   maka   Dinas   Pariwisata   dan   Kebudayaan Kabupaten Solok mempunyai fungsi sebagai berikut :

1.   Perumusan kebijakan di bidang pariwisata dan bidang kebudayaan;

2.   Pelaksanaan kebijakan di bidang pariwisata dan bidang kebudayaan;

3.   Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang  pariwisata dan bidang kebudayaan;

4.   Pelaksanaan  administrasi Disparbud; dan

5.   Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

 

 

Struktur organisasi  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten  Solok berdasarkan  Peraturan Daerah No. 8 Tahun 2016 termasuk  dalam kategori OPD tipe A yang terdiri satu kepala dinas, satu sekretaris, 4 bidang, 3 sub bagian dan 12 seksi dengan uraian sebagai berikut :

 

1.  Kepala Dinas;

2.  Sekretariat,  membawahi 3 (tiga) sub bagian terdiri dari  :

1)  Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

2) Sub Bagian Perencanaan,  Monitoring,  Evaluasi dan Pelaporan; dan

3) Sub Bagian Keuangan.

 

3. Bidang Pengembangan  Destinasi  Pariwisata ,    membawahi 3 (tiga) seksi terdiri dari :

1)  Seksi Pengembangan  Kawasan Wisata;

2) Seksi Pengelolaan dan Pengendalian Kepariwisataan;

3) Seksi Pemeliharaan dan Pelestarian Daya Tarik Wisata.

 

4.  Bidang Pemasaran Pariwisata ,   membawahi 3 (tiga) seksi terdiri dari :

1)  Seksi Analisa Pasar Kepariwisataan;

2) Seksi Promosi  Pariwisata;

3) Seksi Pelayanan  lnformasi dan Data Kepariwisataan.

 

5.  Bidang lndustri dan Kelembagaan  Pariwisata,  membawahi 3 (tiga) seksi terdiri dari :

 

1)  Seksi lndustri  Pariwisata;

2) Seksi Kemitraan Kelembagaan  Pariwisata;

3) Seksi Peningkatan SOM Kepariwisataan.

 

6.  Bidang Kebudayaan ,    membawahi 3 (tiga) seksi terdiri dari  :

1)  Seksi Pembinaan Pelestarian,  Seni dan Budaya Dae rah;

2) Seksi Sejarah, Museum dan Kepurbakalaan;

3) Seksi Penguatan Kelembagaan Adat.

7. Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD); dan

8. Kelompok Jabatan Fungsional.

 

 

Adapun tugas dan fungsi masing-masing unit kerja adalah sebagai berikut:

 

1.  Sekretariat

Sekretariat mempunyai  tugas  pokok melaksanakan  penyiapan perumusan  kebijakan teknis, pembinaan, pengkoordinasian  penyelenggaraan secara terpadu, pelayanan administrasi, pelaksanaan    di   bidang    perencanaan    dan   pelaporan,    keuangan    serta    umum    dan kepegawaian. Sedangkan fungsi Sekretariat adalah :

1)  Penyusunan Program dan anggaran meliputi penyusunan Renstra, Renja dan RKA;

2) Penyelenggaraan  administrasi  perkantoran  yang  meliputi  ketatausahaan,   kepegawaian, rum ah tangga,  hukum, organisasi. dan hubungan masyarakat; dan

3) Penyelenggaraan    urusan   keuangan   dan   kelengkapan    meliputi       perbendaharaan, pendapatan,    pengelolaan   barang   milik   daerah,   tindak   lanjut   LHP   monitoring   dan pelaporan.

 

2. Bidang Pengembangan  Destinasi Pariwisata

Bidang Pengembangan Destinasi  Pariwisata mempunyai fungsi :

1)  Perumusan,   perencanaan,   pengembangan   penyusunan   konsep   dan  langkah-langkah pelaksanaan kegiatan di bidang  pengembangan destinasi pariwisata;

2) Penyelenggaraan  urusan  pemerintahan  dan pelayanan  umum  di bidang pengembangan

destinasi pariwisata;

3) Koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan pengembangan  destinasi pariwisata;

4) Pembinaan dan pelaksanaan tugas bidang pengembangan destinasi pariwisata;

5) Monitoring,   evaluasi  dan  pelaporan  serta  analisis  di  bidang  pengembangan   destinasi pariwisata.

 

3. Bidang  Pemasaran  Pariwisata

Bidang Pemasaran  Pariwisata mempunyai fungsi :

1)  Perumusan,   perencanaan,   pengembangan   penyusunan   konsep   dan  langkah-langkah pelaksanaan kegiatan di bidang pemasaran pariwisata;

2) Penyelenggaraan   urusan   pemerintahan   dan  pelayanan   umum   di  bidang   pemasaran pariwisata;

3) Koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan pemasaran pariwisata;

4) Pembinaan dan pelaksanaan tugas bidang pemasaran pariwisata;

5) Monitoring,  evaluasi dan pelaporan serta analisis di bidang pemasaran pariwisata.

 

 

4. Bidang  lndustri dan Kelembagaan Parwisata

Bidang lndustri dan Kelembagaan  Parwisata mempunyai fungsi :

1)  Perumusan,   perencanaan,   pengembangan   penyusunan   konsep   dan  langkah-langkah pelaksanaan kegiatan di bidang industri dan kelembagaan pariwisata;

2) Penyelenggaraan   urusan  pemerintahan   dan  pelayanan  umum  di  bidang  industri   dan kelembagaan pariwisata;

3) Koordinasi dan sinkronisasi  pelaksanaan kebijakan industri dan kelembagaan  pariwisata;

4) Pembinaan dan pelaksanaan tugas bidang industri dan kelembagaan  pariwisata;

5) Monitoring,  evaluasi  dan  pelaporan  serta  analisis  di  bidang  industri  dan  kelembagaan pariwisata.

 

 

5. Bidang  Kebudayaan

Bidang Kebudayaan mempunyai fungsi :

1)  Perumusan,   perencanaan.   pengembangan   penyusunan   konsep   dan  langkah-langkah pelaksanaan  kegiatan di bidang kebudayaan;

2) Penyelenggaraan  urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang kebudayaan;

3) Koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan kebudayaan;

4) Pembinaan dan pelaksanaan tugas bidang kebudayaan;

5) Monitoring, evaluasi dan pelaporan serta analisis di bidang kebudayaan.

6. Unit Pelaksana Teknis Dinas

 

UPT Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, terdiri dari :

 

1)  UPT  Pengelola  Objek  Wisata  Danau  Kem bar  yang  berkedudukan   di  Convention  Hall Resort Alahan  Panjang