333view

Pariwisata di Kabupaten Solok

Terdapat beberapa Objek Wisata di Kabupaten Solok yang layak dikunjungi wisatawan, silahkan di Intip yaa...!!


  • 1. Rumah Gadang 20 Ruang

    Rumah Gadang 20 Ruang

    Secara geografis Rumah Gadang 20 Ruang terletak di Nagari Sulit Air, Kecamatan X Koto Diateh Jorong Silungkang, Kabupaten Solok. Terdaftar sebagai cagar budaya dengan nomor inventaris 03/BCB-TB/A/15/2007 di Balai Pelestarian Cagar Budaya Batusangkar.

    Bangunan ini dinamakan rumah gadang 20 ruang karena bilik atau kamar pada rumah ini terdiri dari 20 buah

    Bangunan ini pada awalnya digunakan sebagai tempat berkumpul ninik mamak, para penghulu, dan yang paling penting merupakan tempat tinggal Bundo Kanduang Sulit Air. Dahulu, Rumah Gadang 20 ruang dikabarkan dihuni oleh 300 orang. Dua Datuk bertugas mengepalai kaumnya, dan dua orang Bundo kanduang sebagai pengatur tertipnya kehidupan dirumah gadang 20 ruang. Pada bagian Pangka dimiliki oleh Datuk Tamaruhun, sedangkan bagian ujung dimiliki oleh Datuk Ampang Limo.

    Rumah gadang 20 Ruang ini sekarang dihuni oleh turunan Datuk Tamaruhun dan Datuk Ampang Limo. Saat ini Rumah gadang masih difungsikan juga sebagai tempat pelaksanaan upacara adat, dan tempat pelaksanaan pesta atau baralek apabila ada keturunan dari dua Datuk yang melaksanakan pesta pernikahan


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook